PELATIHAN KELOMPOK PENGELOLA CADANGAN PANGAN PEMERINTAH KABUPATEN LAHAT TAHUN 2017

Admin telah dibaca : 235 kali

Latar Belakang

Salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan adalah dengan mewujudkan ketahanan pangan adalah dengan penguatan cadangan pangan pemerintah, menyelenggarakan, membina dan atau mengkoordinasikan segala upaya untuk mewujudkan cadangan pangan nasional. Menurut UU Pangan No. 18 tahun 2012 tentang pangan, untuk mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan pemerintah menetapkan cadangan pangan nasioonal. Cadangan pangan nasional terdiri atas cadangan pangan pemerintah, cadangan pemerintah daerah dan cadangan pangan masyarakat.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lahat menyelenggarakan Pelatihan Kelompok Pengelola Pangan Kegiatan Pengembangan Cadangan Pangan Daerah.

Pelatihan kelompok Pengelola Cadangan Pangan Pemerintah Kabupaten Lahat tahun 2017 dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu pada tanggal 15 sampai dengan 16 Mei 2017 bertempat di Hotel Bukti Serelo Kabupaten Lahat.

Para peserta pelatihan diikuti oleh Pengurus Kelompok Pengelola Cadangan Pangan dan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) berjumlah 40 orang. Masing-masing peserta menerima sarana belajar berupa Tas dan alat tulis, makan minum, akomodasi/penginapan selama pelatihan dan bantuan transport.

Adapun tujuan dari Pelatihan Kelompok Pengelola Cadangan Pangan Pemerintah Kabupaten Lahat tahun 2017 ini adalah :

  1. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan pengurus kelompok
  2. Mendorong agar kelompok-kelompok pengelola cadangan pangan yang ada dapat berperan sesuai dengan fungsinya
  3. Terjalin koordinasi dan kerjasama yang baik antara pengurus kelompok dengan aparat pemerintah dalam pengelolaan dan pemanfaatan cadangan pangan

Senin, 15 Mei 2017 (Hari Pertama Pelatihan)

Pembukaan Pelatihan kelompok pengelola cadangan pangan pemerintah kabupaten Lahat tahun 2017 dimulai pada pukul 13.00 WIB dan dibuka langsung secara resmi oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab. Lahat yaitu Bapak H. Hasnul Basri, SH, MM. Dalam sambutannya, beliau mengatakan "Pemerintah Kabupaten Lahat mutlak memerlukan penyediaan cadangan pangan daerah, khususnya beras dalam rangka menanggulangi kerawanan pangan pasca bencana alam atau keadaan darurat”. maka Pemerintah Kabupaten Lahat telah mengeluarkan Peraturan Bupati No : 24 Tahun 2017 tentang Penyediaan dan Penyaluran cadangan pangan pokok (beras) Pemerintah Kabupaten Lahat” tegasnya.

Pelatihan Kelompok pengelola cadangan pangan dihari pertama selain diisi oleh narasumber dari Dinas Ketahanan Pangan itu sendiri, maka pada termin kedua para peserta dibekali pengetahuan mengenai Teknik Penyimpanan dan Pengelolaan Beras/gabah oleh Perum BULOG Subdivre Lahat oleh Bapak Gusdi Prasmana.

 

Dalam salah satu paparannya, beliau mengatakan “dalam rangka penyimpanan barang harus mempertimbangkan masalah keamanan barang yang disimpan, perawatan barang, kerapian dan kemudahan untuk perhitungan stok, serta dapat menunjang kelancaran pemasukan dan pengeluaran barang. Dalam hal ini beberapa faktor yang perlu mendapat perhatian antara lain : lokasi gudang, kondisi gudang, perlengkapan gudang, dan sistim penumpukan barang serta pengaturan lorong-lorong tumpukan...”

 

Selasa, 16 Mei 2017 (Hari Kedua Pelatihan)

Hari kedua Pelatihan kelompok pengelola cadangan pangan pemerintah kabupaten lahat tahun 2017 dimulai pada pukul 08.00 WIB masih bertempat di Hotel Bukit Serelo Lahat.

Untuk season pertama, menghadirkan Narasumber dari Palembang yaitu Bapak Ir. Muslim, SE, M.Si Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan & Peternakan Provinsi Sumsel. Tema yang diangkat adalah masalah “Kebijakan Cadangan Pangan” dan dilanjut dengan pembahasan “Pembinaan Administrasi Kelompok/Gapoktan”.

Bapak Ir. Muslim, SE, M.Si menjelaskan bahawa masalah cadangan pangan telah diatur dalam Undang-Undang No 18 Tahun 2012 tentang Pangan, lebih rinci yaitu pasal 13 dan Pasal 23 dan Pasal 24 yang berbunyi Cadangan Pangan Nasional dilakukan untuk mengantisipasi:

  1. kekurangan Ketersediaan Pangan;
  2. kelebihan Ketersediaan Pangan;
  3. gejolak harga Pangan; dan/atau
  4. keadaan darurat.

Season kedua materi di Isi oleh Bapak Pukatul Hadi, SP, M.Si selaku Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan dengan judul Pengelolaan Cadangan Pangan.

 

Penutupan Pelatihan kelompok pengelola cadangan pangan pemerintah ditutup pada pukul 12.00 WIB oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab. Lahat, H. Hasnul Basri, SH, MM.

 



Tinggalkan Komentar
1 Komentar :

Charmain

24 Juli 2017 - 09:12:51

Good day! This post couldn't be written any better!
Reading this post reminds me of my previous room mate!
He always kept chatting about this. I will forward this write-up to him.
Fairly certain he will have a good read. Thanks for
sharing!