Sosialisasi Pengembangan Diversifikasi Tanaman Tahun 2017

Admin telah dibaca : 44 kali

Latar Belakang dan Tujuan Pelatihan

Salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan adalah dengan diversifikasi (penganekaragaman pangan). Upaya untuk mewujudkannya menurut UU Pangan No. 18 Th 2012 pasal 41 dan 42 tentang pangan, penganekaragaman pangan merupakan upaya peningkatan ketersediaan pangan yang beragam dan berbasis potensi sumber daya lokal yang ada.

Percepatan penganekaragaman konsumsi pangan dengan pemanfaatan lahan pekarangan melalui penanaman dan pengelolaan sumber pangan lokal oleh karena itu dikembangkan suatu konsep pemanfaatan pekarangan dengan sebutan “Kawasan Rumah Pangan Lestari” (KRPL) yaitu wilayah/pekarangan penduduk (RT/RW, dusun/desa) yang secara bersama-sama mengusahakan lahan pekarangan secara intensif untu dimanfaatkan menjadi sumber pangan secara berkelanjutan dengan mempertimbangkan potensi wilayah dan kebutuhan gizi.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka Dinas Ketahanan Pangan Kab. Lahat menyelenggarakan Sosilasiasi Pengembangan Diversifikasi Tanaman” tahun 2017

 

Tujuan :

  1. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan pengurus kelompok wanita (Dasa Wisma)
  2. Meningkatkan kesadaran, peran dan partisipasi masyarakat dalam hal ini kelompok wanita (Dasa Wisma) dalam mewujudkan pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman
  3. meningkatkan partisipasi kelompok wanita dalam penyediaan sumber pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga melalui pemanfaatan pekarangan.

 

Peserta, Waktu dan Tempat Pelatihan

Sosialisasi diikuti oleh pengurus kelompok Dasa Wisma di Kabupaten Lahat berjumlah 40 (empat puluh) orang dari 20 (dua) puluh desa) atau 10 kecamatan se Kabupaten Lahat

Pelaksanaan Pelatihan berlangsung selama 1 (satu) hari dimulai pukul 07. 00 sampai dengan selesai pada tanggal 30 Agustus 2017 bertempat di ruang pertemuan Hotel  Bukit Serelo  Lahat.

 

Narasumber : Dalam dan Luar Kabupaten

Sebagai pembekalan pengetahuan, wawasan serta keterampilan, maka Sosialisasi Pengembangan Diversifikasi tanaman menghadirkan narasumber yang ahli dibidangnya masing-masing. Baik yang berasal dari dalam kabupaten maupun luar kabupaten.

Dari luar kabupaten menghadirkan Ibu Hj. Nariman Kiptiyah,SP, MM  selaku Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Kantor Dinas Ketahanan Pangan & Peternakan Provinsi Sumatera Selatan.

Sedangkan narasumber dari dalam kabupaten disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Bpk. H. Hasnul Basri, SH, MM dan Bpk. Sutanto, SE

 


DKP Kab. Lahat meriahkan Pawai HUT kemerdekaan RI ke-72

Sejarah Hari Pangan Sedunia

Pelatihan Penanganan Daerah Rawan Pangan Kabupaten Lahat Tahun 2017

Polri Tangani 206 Kasus Pangan Selama Ramadan 2017

Rolling Pejabat Pemkab Lahat : Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab. Lahat Lantik Pejabat baru


Tinggalkan Komentar
0 Komentar :